Rabu, 06 Maret 2013

Pohon
        Pohon adalah salah satu sumber kehidupan bagi manusia, karena pohon mengandung sejuta manfaat. Pohon bisa menjadi penyeimbang dan penghias alam. Pohon juga bisa mengakibatkan kerusakan atau benacana alam.
      Kita bisa melihat keindahan pohon ketika kita masuk ketempat yang jarang dijamah manusia seperti dihutan, gunung, dan sebagainya.  Disana kita masih bisa merasakan manfaat pohon sebagai pelindung,peneduh dan penghasil oksigen yang sangat melimpah.
    Tapi jika kita berkunjung ketempat yang sudah dipenuhi manusia pohon tersebut sudah banyak yang hilang karena selalu ditebangi dan tidak dilestarikan. Oleh karena itu, sekarang kita bisa merasakan sendiri akibat atau dampak negatif dari pohon, salah satunya adalah mengakibatkan bencana alam yang mungkin awalnya tidak akan terjadi apabila kita bisa menjaga dan merawat pohon dengan baik dan penuh dengan kasih sayang.
     Bencana alam tersebut antara lain adalah:
1. Banjir
  Banjir bisa terjadi karena banyaknya penebangan pohon secara liar yang mengakibatkan kurangnya resapan air oleh pohon, terutama akarnya. Karena akar pohon berfungsi untuk menyerap air yang ada. Sekarang banjir terjadi hampir diseluruh wilayah Indonesia tidak terkecuali di Ibukota kita yaitu Jakarta yang terkena banjir pada awal tahun 2013 lalu. 

2. Tanah Longsor
      Tanah Longsor akan terjadi apabila tanah yang berada dipinggir tebing atau tanah yang agak miring kurang ditumbuhi pohon atau bahkan tidak ada pepohonan sama sekali. Karena jika itu terjadi tanah tidak mempunyai penahan atau pohon tidak menahan tanah yang melaju karena aliran air dan tanah tersebut akan terus maju dan menyatu dengan tanah lain sampai kebagian yang miring.

3. Kebakaran Hutan
     Selain banjir dan tanah longsor bencana yang bisa diakibatkan oleh pohon yaitu kebakan hutan. Kebakaran hutan terjadi karena pohon yang tadinya subur dan menghasilkan banyak oksigen menjadi sangat kering dan mudah terbakar apabila terkena percikan api atau terbakar oleh panas matahari langsung.

     Semua bencana alam tersebut terjadi akibat kelalaian manusia dan tangan-tangan jahil manusia. Jadi mari kita perbaiki semua itu dengan upaya kita melestarikan dan menjaga pohon untuk kehidupan dimasa yang akan datang. Karena tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki kesalahan yang telah kita buat sendiri. 
 
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar